ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Update News

Jika Terbukti, APDESI Halbar Minta Bupati Pecat Kades Akeara

Selasa , 03 Desember 2019 | 16:30
Jika Terbukti, APDESI Halbar Minta Bupati Pecat Kades Akeara
Ketua APDESI Halmahera Barat Rustam Fabanyo. (Arahkita/Apriyanto Daud)

JAILOLO, ARAHDESA.COM - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Halmahera Barat  mengecam keras atas sikap Kades Akeara, Os alias Okto yang diduga mengahamili seorang wanita asal Desa Tewe, IMG (22) dan tidak mau bertanggungjawab, Selasa (3/12/2019).

Ketua APDESI Halmahera Barat Rustam Fabanyo kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, mengatakan bahwa apabila kasus tersebut benar-benar terbukti bahwa Kepala Desa Akeara bersalah, maka dia menyarankan agar Camat dan Bupati untuk mengkaji dan mempertimbangkan keputusan entah itu pemberhentian sementara ataupun permanent (pecat).

”Pada prinsipnya organisasi manapun tak bisa menerima anggotanya yang menunjukkan sikap yang tak baik di tengah-tengah masyarakat apalagi dia seorang public figur,” tegasnya.

Dengan demikian, dia memberikan apresiasi kepada Camat Jailolo Selatan, Demianus Sidete. Dimana dengan tegas menindaklanjuti kasus tersebut, ”Namun secara organisatoris kami tetap kedepankan asas praduga namun bukan berarti membela apalagi melindungi Kades Akeara. Sebab, sebagai public figure harus menunjukkan contoh dan teladan yang baik di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Dengan begitu, dia berharap terkait permasalahan yang saat ini terjadi kepada Kepala Desa Akeara semoga ini menjadi pembelajaran bagi aparatur Pemerintah Desa se–Halmahera Barat.

Laporan: Apriyanto Daud

Editor : Farida Denura
KOMENTAR