ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Update News

2020, Kepala Desa Se-Aceh Fokus Gunakan Dana Desa untuk Pemberdayaan

Selasa , 08 Oktober 2019 | 13:50
2020, Kepala Desa Se-Aceh Fokus Gunakan Dana Desa untuk Pemberdayaan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Azhari. (dialeksis)

BANDA ACEH, ARAHDESA.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Azhari mengatakan kepala desa di seluruh Aceh agar memfokuskan penggunaan dana desa untuk bidang pemberdayaan pada 2020, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Kita sekarang lebih banyak fokus dana desa untuk pemberdayaan dan harus disiapkan pemahaman pemberdayaan itu dengan baik agar ada dampak bagi kesejahteraan masyarakat," katanya di Banda Aceh, Selasa (8/10/2019).

Dia menjelaskan, dalam Peraturan Pemerintah nomor 40 tahun 2014 tentang dana desa bersumber dari APBN, menyebutkan empat bidang penggunaan dana desa seperti bidang pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan dan kemasyarakatan.

Menurut dia, sejak pertama adanya dana desa di Aceh penggunaannya didominasi untuk pembangunan infrastruktur mencapai 48,26 persen pada 2015 dan 2016.

Kemudian, kata dia pada 2017 penggunaan untuk infrastruktur sudah mulai menurun hingga pada 2018 yang turun mencapai 28,56 persen.

"Ada pemahaman masyarakat untuk menggeser kegiatan infrastruktur itu. Pembangunan turun kemudian naik ke pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik," katanya.

Menurut Azhari, tugas mereka saat ini ialah menyusun lebih detail penjabaran dari empat bidang yang sangat fleksibel tersebut disesuaikan dengan prioritas kebutuhan masyarakatnya.

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR