ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Update News

Ke Malang, Jangan Lupa Kunjungi Desa Wisata Hutan Bambu

Senin , 25 Februari 2019 | 13:04
Ke Malang, Jangan Lupa Kunjungi Desa Wisata Hutan Bambu
Desa Sanankerto punya pemandangan indah yang tak dimiliki desa-desa lain. Di desa itu berhektar-hektar pohon bambu tumbuh subur dan terjaga. (Foto-Foto: IG @lintangrowe)

JAKARTA, ARAHDESA.COM - Kalau ke Kabupaten Malang, jangan lewatkan mampir ke Sanankerto, desa wisata yang ada di Kecamatan Turen. Ada apa sih di sana? Desa Sanankerto punya pemandangan indah yang tak dimiliki desa-desa lain. Di desa itu berhektar-hektar pohon bambu tumbuh subur dan terjaga. Masyarakat memanfaatkan keberadaan bambu secara turun-temurun dengan pembagian dan pengelolaan yang sarat kearifan lokal.

Kini Desa Sanankerto lebih dikenal dengan sebutan Boonpring, nama yang dikenal untuk kawasan hutan bambu. Nama itu kian terdengar setelah masyarakat desa membangun beragam fasilitas penunjang desa wisata. Baik itu infrastruktur, aktivitas, dan juga home stay. Pengelolaan desa wisata itu ada di bawah BUMDesa Kertoharjo.

758-foto_ig_lintangrowe-800x450

Desa Sanankerto, memang memiliki potensi kebun bambu. Tercatat ada 65 jenis tanaman bambu. Secara ekologi, bambu sangat melindungi sumber air karena memiliki ketahanan menyimpan air. Di Sanankerto tercatat 9 mata air yang tumbuh di kawasan wisata Boonpring.

Berdasarkan potensi dan masalah tersebut, Desa Sanankerto, menetapkan kebun bambu di kawasan Boonpring sebagai museum bambu untuk wisata edukasi. Museum bambu dibangun sebagai pelestarian, wisata edukasi, dan juga untuk penelitian-penelitian. Selama ini Boonpring memang kerap menjadi areal penelitian.

Wisatawan yang datang dan menginap di homestay-homestay, bisa mengikuti beragam aktivitas masyarakat dan melakukan kegiatan wisata. Berjalan dan berfoto di keindahan hutan bambu, wisata edukasi di museum, menikmati danau dengan fasilitasnya, dan tentu melihat bagaimana masyarakat memanfaatkan bambu untuk kerajinan, konstruksi rumah, anyaman untuk dinding (gedeg), dan masih banyak lagi.

Nah, dengan berbagai kelebihan itu, rugi kan, kalau sudah ke Malang tidak mampir ke Boonpring.

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR