ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Update News

The Land of 7 Rivers, Cuma Ada di Desa Cibuluh....

Selasa , 08 Januari 2019 | 23:01
The Land of 7 Rivers, Cuma Ada di Desa Cibuluh....
Desa Wisata Cibuluh. (Foto: Facebook)

CIBULUH, SUBANG, ARAHDESA.COM - Berwisata ke pedesaan kini kian mengasyikkan. Cobalah datang ke Desa Cibuluh, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pemuda-pemudi di desa itu kian kreatif dan siap menyambut wisatawan. Desa Cibuluh memiliki pemandangan indah dan dikelilingi 7 sungai, sehingga mendapat julukan The Land of 7 Rivers. Ke tujuh sungai itu adalah, Cipunagara, Cinyaro, Cilandesan, Citeureup, Cikaruncang, Cikembang, dan Cileat.

Keberadaan tujuh sungai itu dilihat para pemuda desa sebagai sebuah potensi. Itu sebabnya, Pemerintah Desa Cibuluh bersama Kompepar desa, BUMDes Tarung Jaya, Disbudparpora Kabupaten Subang, Bale Budaya Bandung, Jaga Sake, Walhi, dan berbagai pihak lainnya sepakat menyelenggarakan 7 Rivers Festival atau Festival 7 Sungai. “ Ini tahun ketiga kami membuat festival serupa. Tapi tahun ini tanggalnya belum ditetapkan,” tutur Daming Agus, direktur BUMDes Cibuluh.

Event tersebut digelar untuk lebih menggaungkan keberadaan Desa Cibuluh, sehingga bisa membantu roda ekonomi masyarakat melalui pariwisata dan mengangkat produk unggulan desa. Setelah dua tahun penyelenggaraan, nama Desa Cibuluh sudah lumayan dikenal.

“Pada 2016 ada 1.200 wisatawan yang datang. Belum banyak, tapi sudah lumayan. Kami akan terus berupaya dan berpromosi. Biasanya wisatawan yang datang, selain menikmati pemandangan juga melakukan beragam aktivitas seperti rafting dan bodyrafting. Mereka juga hiking ke air terjun dan melakukan wisata budaya,” papar Daming.

Upaya yang dilakukan BUMDes Tarung Jaya tidak sia-sia. Dari tiga unit usaha yang dibawahi, yakni KPA Tirtagiri (sistem meter air), Pariwisata Desa, dan Laku Pandai (layanan keuangan yang difasilitasi Bank Jawa Barat), sudah menunjukkan peningkatan omset. Pada 2016 tercatat Rp35.510.000, dan pada 2017 menjadi Rp173.895.000.

Wisata Desa
Berbicara mengenai Festival 7 Sungai, wisatawan yang datang akan disuguhi serangkaian acara, mulai dari susur sungai, pertunjukkan kesenian daerah seperti Kuda Renggong, Sisingan, hingga tradisi Ngoprok atau menangkap ikan di sungai dengan cara bersama-sama menggiring ikan sejauh beberapa puluh meter hingga masuk perangkap yang dipasang.

Selain Festival 7 Sungai, Desa Wisata Cibuluh juga tengah berupaya mengembangkan sejumlah potensi lain, seperti paket menginap di desa wisata Cibuluh, kegiatan Mulan di Kampung Bolang atau mengenal sejarah Subang di monumen perjuangan Ciseupan.

Pembangunan berbagai infrastruktur seperti tol Cipali, Cisumdawu dan bandara Kertajati kian meningkatkan peluang pengembangan potensi wisata yang dimiliki. Tak berlebihan jika Desa Cibuluh bercita-cita untuk masuk World Rivers Network Unesco.

Sumber: arahdestinasi.com

Editor : Farida Denura
KOMENTAR