ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Update News

Manfaatkan Dana Desa, Ini yang Dilakukan Desa Perumaan, Sikka

Selasa , 08 Januari 2019 | 22:50
Manfaatkan Dana Desa, Ini yang Dilakukan Desa Perumaan, Sikka
Nelayan di Desa Parumaan juga mendapat bantuan sampan viber glass sebanyak 20 unit dan kapal viber mini sebanyak 10 unit. Tampak Kepala Desa Parumaan, Muhdir bersama salah seorang nelayan. (Foto: Arahdesa/Gabriel Angga)

MAUMERE, ARAHDESA.COM - Dalam memanfaatkan Dana desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2018 yang diterima, Pemerintah Desa Parumaan Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur merealisasikan pembangunan yang memiliki peranan penting demi mempercepat peningkatan perekonomian masyarakatnya.

Kepala Desa Parumaan, Muhdir mengatakan dana desa di tahun 2018,  direalisasikan melalui 10 unit lampu turab dan pembangunan turab sepanjang 145 meter dimana saat ini masih dalam pekerjaannya

Selain itu kata Kades Parumaan, nelayan di Desa Parumaan juga mendapat bantuan sampan viber glass sebanyak 20 unit dan kapal viber mini sebanyak 10 unit.

"Semua telah realisasi dengan baik. Dana yang digunakan merupakan dana desa di tahun 2018," ujarnya, Selasa 8 Januari 2019 saat dihubungi arahdesa.com di Kabupaten Sikka.

Dirinya menambahkan, dana desa ini juga dipergunakan untuk beda dua rumah warga miskin dan juga kita membuat rompon ikan tuna satu unit.

"Ini berkat peran dari semua lapisan masyarakat dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan di desa . Apa yang kita laksanakan pembangunan di desa ini, merupakan murni inisiatif dari masyarakat. Dimana sudah sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik wilayah kepulauan," tandasnya

Untuk anggaran dana desa 2019, Muhdir mengatakan dirinya berencana melaksanakan beberapa item antara lain, pekerjaan lanjutan pembangunan turab penahan abrasi, pembangunan 1 unit paud Batong Papade di Desa parumaan, pembelian sampan viber glass, ambulance laut speed boad 1 unit, pengadaan tandon air bersih 61 unit dengan kapasitas 650 liter, bedah rumah fakir miskin untuk lima kepala keluarga, pengadaan alat press untuk kelompok abon ikan tuna, pelatihan tenun ikat buton dan terakhir pelatihan bagi kelompok Karang Taruna pengelola pariwisata desa.

"Kita harap semua program kita bisa berjalan dengan baik untuk tahun 2019. Dana desa ini sangat membantu bagi masyarakat di Desa Parumaan," tutup Kades Parumaan itu.

Editor : Farida Denura
Kontributor : Gabriel Angga
KOMENTAR